Logo WhatsApp
CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 14-12-2022 17:00:20

LEBIH UTAMA MANDI SEBELUM IHRAM

Oleh
Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz

Pertanyaan
Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Jika seseorang yang ingin haji berangkat dari Mekkah ke Mina pada tanggal 8 Dzulhijjah dan dia mandi ketika di Mina, apakah demikian itu cukup baginya, dan apa kewajiban yang harus dilakukan ?

Jawaban
Jika seseorang yang ingin haji mandi di Mina, maka dia tidak berdosa dalam demikian itu. Tapi yang utama adalah sebelum ihram dia mandi di rumah atau tempat mana saja di Mekkah kemudian dia ihram untuk haji di rumahnya dan tidak harus pergi ke Masjidil Haram untuk thawaf. Sebab orang yang akan pergi ke Mina pada hari Tarwiyah (8 Dzulhijjah), maka dia tidak wajib thawaf wada’. Jika seorang ihram tanpa mandi, maka dia tidak berdosa. Lalu jika mandi di Mina ketika dia telah ihram maka juga tidak mengapa. Tapi yang utama dan sunnah adalah jika dia mandi sebelum ihram. Jika tidak mandi (ihram tanpa mandi) atau hanya wudhu saja, maka dia tidak berdosa dalam demikian itu. Sebab mandi ketika ihram hukumnya sunnah, demikian pula wudhu.
Referensi : https://almanhaj.or.id/1244-ihram-talbiyah-dan-mandi-sebelum-ihram.html

 

Biro Umroh Plus Proses Mudah Dan Cepat Jakarta Barat

Posting by Admin

Biro Umroh Plus Proses Mudah Dan Cepat Jakarta Barat Promo Diskon 200.000 jika anda registrasi sekarang Khazzanah ToursTelah Berpengalaman lebih dari 21 tahun Resmi Kementrian Agama RI terakreditasi A. Khazzanah Travel menghadirkan Pilihan Paket Umroh dengan budget yang lebih murah dan memudahkan jamaah dalam melaksanakan ibadah umroh. Ini mencakup pemesanan tiket penerbangan akomodasi dan layanan transportasi/k



45 Kali